Ginta Wiryasenjaya, Petani Muda Sukses Yang Menanam Kangkung

Sobat milenial, tak sedikit orang meragukan jadi petani bisa sukses dan menghasilkan banyak uang, siapa sangka kisah sukses petani kangkung jadi viral dan mengubah ‘nasib’banyak orang, Senin (16/4/2018).

Berawal dari Milesia.id mendapatkan link tautan media sosial Facebook tentang petani kangkung yang sukses menghasilkan Rp 97 juta per bulan dengan cara cerdik.

Pada postingan tersebut petani kangkung hanya bermodal lahan sempit untuk menanam kangkung.

Petani tersebut menggunakan teknik hidroponik yakni budidaya menanam dengan memanfaatkan air tanpa menggunakan tanah. Biasanya petani menggunakan paralon.

Teknik hidroponik ini menekankan pada pemenuhan kebutuhan nutrisi bagi tanaman, bahkan kebutuhan air pada hidroponik lebih sedikit daripada kebutuhan air pada budidaya dengan tanah.

Kisah viral tersebut berasal dari postingan pemilik akun Facebook dengan nama Ginta Wiryasenjaya, Milesia.id kemudian mencoba menghubunginya.

Via telepon Ginta yang seorang pengusaha di Lampung lalu beberkan kisahnya.

Pria yang juga bagian dari Tim Infrastruktur Pemprov Lampung ini mengaku kaget postingannya bisa jadi viral, padahal itu postingan sudah sejak tahun lalu.

Melalui telepon Ginta lalu menjelaskan kalau ia posting kembali cara cerdik praktisi hidroponik Charlie Tjendapati yang menjelaskan bagaimana menanam kangkung dengan cara ini dan didapatkan hitungan pendapatan hingga Rp 97 juta per bulan.

Setelah ia posting menanam kangkung dengan cara hidroponik, di Lampung kini menanam hidroponik menjadi tren baru.

“Kini menanam cara hidroponik sudah ada di perumahan-perumahan di Lampung, bahkan ada jasa untuk membuat saluran hidroponik hingga warga perumahan bisa menanam sayuran,” ujar Ginta.

Kini banyak warga yang memanfaatkan cara hidroponik untuk menanam sayuran di halaman rumah, minimal para warga bisa memanfaatkan sayuran yang ditanam sendiri.

Ternyata hanya berbekal tulisan viral bisa ubah wajah Lampung.