Inovasi BPTP Sulut Budidaya Bawang Merah

 Berbagai macam inovasi terus ditunjukan  BPTP Balitbangtan Sulawesi Utara dalam mengembangkan pertanian di tanah Nyiur Melambai. Inovasi teknologi BPTP Sulut hadir di Gapoktan Maumbi Jaya desa Tonsewer Kabupaten Minahasa terkait budidaya bawang.

Guna melihat perkembangan hasil kerja sama BPTP Balitbangtan Sulawesi Utara bersama Bank Indonesia /  pihak BPTP melakukan peninjauan langsung di Gapoktan Maumbi Jaya Desa Tonsewer  Minahasa  jumat lalu, tempat ini menjadi lokasi budidaya bawang merah dengan inovasi dan teknologi dari bptp sulut//

Gapoktan Maumbi Jaya Desa Tonsewer kini  merasakan manfaat hadirnya inovasi Badan Litbang pertanian// budidaya bawang merah hasil kerjasama BI dan BPTP Sulut memberikan dampak yang positif bagi para petani yang tergabung dalam Gapoktan Maumbi Jaya yang telah berdiri dari tahun 2014, yang tealah berkecimpung di tanaman holtikultura dengan skala prioritas bawang merah.

Dari  informasi yang diterima ada beberapa varietas yang didatangkan  dari luar Sulawesi Utara / yang dikembangkan pihak BPTP yakni :  Bima Brebes, Batu ijo, Tajuk serta varietas lokal.

Perwakilan Gapoktan mengatakan bahwa dengan kehadiran BPTP Balitbangtan Sulut banyak memberi manfaat yang positif bagi petani, pihak Gapoktan banyak mendapat pembelajaran terkait dengan cara penanaman dengan menggunakan teknologi tepat dan berguna.

Para petani berharap agar program seperti ini akan terus berlangsung dan semua petani di Tonsewer raya dapat terlatih dengan adanya teknologi baru yang di hilirkan oleh BPTP Balitbangtan Sulut.

Sumber: https://www.kompas.tv/article/143392/inovasi-bptp-sulut-budidaya-bawang-merah