Oscar Mau, Petani Milenial Dari NTT

Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP) Balitbangtan NTT, mengadakan kunjungan ke kelompok tani Petani Milenial di daerah Sikumana, Kupang, NTT. Oscar Mau, salah satu petani milenial yang berhasil merakit mesin tetas untuk penetasan telur ayam di bawah binaan Ir. Evert Yulianes Hosang, M.Si, Ph.D (Peneliti BPTP NTT).

Kepala BPTP NTT, Dr. Procula Rudlof Matitaputty, S.Pt, M.Si menyampaikan dukungan dan semangat kepada petani milenial untuk menciptakan produk kreatif inovatif yang berdaya guna untuk kebutuhan petani serta khalayak umum sehingga dapat berhasil meningkatkan pendapatan petani, salah satunya produk mesin tetas ini.

Ide pembuatan mesin tetas berawal dari Oscar Mau yang memiliki keahlian dalam membuat sound system, lalu keahliannya membuat mesin tetas ini ditingkatkan secara otodidak belajar dari youtube. Mesin tetas yang diproduksi Oscar Mau mempunyai kapasitas 110 butir telur. Sampai sekarang mesin tetas sudah mengalami 3 kali modifikasi. Modifikasi pertama terletak pada roda manual untuk proses putar telur, modifikasi kedua terletak pada lampu mesin tetas untuk pemanas, kemudian modifikasi ketiga ini mesin tetas dibuat secara otomatis untuk proses putar telur dengan cara digeser dan untuk daya listriknya lebih hemat. Kini sudah 9 mesin tetas buatan Oscar Mau yang digunakan oleh petani, instansi pemerintah, maupun swasta di daerah Kupang dan Kefa.

Harapannya dengan dihasilkannya produk mesin tetas oleh petani milenial ini berdampak positif ke petani milenial lainnya. Petani mempunyai jiwa kreatif dan inovatif, berusaha membuka lapangan pekerjaan secara mandiri, meningkatkan pendapatan petani, serta mengangkat petani Indonesia lebih maju.